Dalam sebuah tim pekerjaan maupun tim organisasi, pastinya memiliki seorang pemimpin yang dipercaya oleh anggotanya. Menjadi seorang pemimpin, tentunya memiliki trik untuk dapat mengatur dan mengorganisasi setiap anggota. Berikut 5 cara pemimpin agar dapat membangun kerjasama tim yang baik
- Jadilah pemimpin yang rendah hati
Menjadi pemimpin dalam satu tim, harus bisa memastikan anggota dapat bekerja dengan baik dengan Kamu. Sebagai pemimpin bukan berarti Kamu hanya memerintah, namun dapat bekerja sama dengan baik dengan seluruh anggota. Berikan mereka peluang untuk memberi Kamu saran atau kritik, ataupun penghargaan. Adapun pemimpin yang baik, tidak membuat batasan kepada dirinya serta anggotanya.
- Peraturan dalam berkomunikasi
Dalam melakukan tugas bersama, pastinya setiap anggota membutuhkan banyak komunikasi dengan Kamu. Sering kali kesalahpahaman akan terjadi diantara pemimpin serta anggota tim. Untuk mengatasinya, Kamu sebagai pemimpin bisa memberikan peraturan dalam berkomunikasi.
- Puji secara terbuka dan kritik secara pribadi
Tidak ada satu orang pun yang tidak suka bila dipuji. Tidak ada salahnya untuk memuji beberapa anggota Kamu, misalnya resepsionis, sekertasis, ataupun tangan kanan Kamu. Pujian yang Kamu berikan, bisa membantu mereka lebih bersemangat bekerja, dan memotivasi mereka. Tetapi, dalam dunia bekerja tidak selamanya berjalan dengan mulus.
- Saling menghormati
Hal yang sangat perlu diingat oleh semua anggota tim merupakan saling menghargai. Dengan begitu, semua hal yang dilakukan dapat berjalan dengan lancar. Apabila salah satu anggota tim Kamu meminta ijin beberapa hari untuk mengunjungi orangtuanya, tidak ada salahnya untuk memahaminya. Sebaliknya, apabila Kamu sedang sakit ataupun sedang tertekan dengan masalah pribadi, mereka akan membantu Kamu untuk beberapa tugas yang tertinggal.
- Memberikan contoh yang positif
Apabila Kamu dipilih menjadi pemimpin, mungkin Kamu mulai mempertimbangkan beberapa perlakuan Kamu ke setiap orang. Kamu mungkin mulai merubah cara berpakaian, cara berkomunikasi, dan cara bekerja. Apa yang dilakukan di kantor, bisa saja menjadi sebuah contoh atau panutan bagi tim Kamu. Berusalah menjadi pemimpin yang memberikan contoh baik, sehingga setiap anggota ikut mendukung Kamu